Berbagai Penyebab Anemia yang Perlu Diwaspadai

Penyakit anemia terjadi karena jumlah sel darah merah yang berada dibawah kondisi yang normal. Sel darah merah atau disebut hemoglobin (HB). Fungsi dari HB sendiri yaitu untuk mengikat oksigen yang akan disebarkan ke seluruh tubuh. Jika HB pada darah menyusut, secara otomatis tubuh bisa kekurangan oksigen. Sel darah merah sendiri dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Bahan makanan yang bisa membuat sel darah merah bisa Anda konsumsi dengan mudah. Adapun makanan yang bisa menaikkan sel darah merah diantaranya makanan yang banyak mengandung zat besi. Penyebab anemia harus Anda waspadai, karena anemia juga sangat membahayakan kesehatan.
 Baca Juga : Penyebab Vertigo

Penyebab dari anemia yang bisa Anda waspadai antara lain :

Pasca melahirkan
Melahirkan bisa membuat Anda mengalami anemia. Hal itu bisa terjadi jika saat melahirkan terjadi pendarahan yang serius. Pendarahan ketika melahirkan bisa terjadi karena adanya benturan pada kehamilan. Biasanya hal itu akan menyebabkan terjadinya kelahiran premature. Tidak jarang kelahiran dengan cara tersebut membuat banyaknya darah yang harus dikeluarkan. Selain akibat benturan, darah yang terlalu banyak keluar juga disebabkan karena adanya pelepasan plasenta yang akan membuat pembuluh darah terbuka. Penyebab anemia pasca melahirkan tersebut bisa diminimalisir dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang bisa menghentikan perdarahan.

Kecelakaan
Suatu kecelakaan bisa membuat seseorang mengalami anemia. Penyebab anemia ini memang bisa berlangsung singkat jika cepat mendapatkan donor darah. Kecelakaan biasanya menyebabkan pembuluh darah menjadi robek dan membuat darah keluar dari dalam tubuh. Perobekan pada pembuluh darah disebabkan karena adanya luka pada kulit atau adanya luka di bagian dalam tubuh seperti telinga dan hidung. Untuk mengatasi anemia tersebut, maka tindakan medis yang bisa dilakukan yakni penjahitan kulit dan juga penggunaan obat untuk menghentikan perdarahan.

Kekurangan vitamin B12
Penyebab anemia ini mungkin bisa Anda ketahui jika melakukan kontrol yang intensif ke dokter. Fungsi dari vitamin B12 tersebut yakni membantu proses pembentukan sel darah merah didalam sum-sum tulang belakang. Ketika Anda kurang konsumsi vitamin B12, maka bisa membuat tubuh kekurangan sel darah merah. Anda bisa memperoleh vitamin tersebut secara alami, yakni dengan mengkonsumsi ikan salmon, kepiting, daging sapi, telur, dan masih banyak lagi makanan yang mengandung vitamin B12 lainnya.

Terjadinya hemolytic anemias
Penyebab anemia terjadi jika sel darah merah pada tubuh akan hancur lebih cepat sedangkan sumsum tulang belakang tidak dapat menghasilkan sel darah merah dengan cepat. Gangguan pada darah juga dapat menjadi penyebab terjadinya anemia. Selain itu, gangguan pada autoimun tubuh juga menyebabkan tubuh akan menghasilkan sejumlah antibodi terhadap sel darah merah. Hal itu akan membuat sel darah merah menjadi hancur.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab anemia, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.