Faktor Penyebab Kanker Payudara

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan didunia ini. Salah satu penyakit kanker yang setiap saat membayangi para wanita yakni kanker payudara. Kanker payudara ini ditandai dengan adanya benjolan pada payudara baik kanan dan ataupun kiri. Kanker payudara ini dapat menyerang wanita siapa saja, terutama pada wanita yang sudah menikah. Hasil riset menunjukkan bahwa delapan dari sepuluh wanita didunia mengidap penyakit ini. Penyebab kanker payudara sendiri belum jelas, namun tentu saja ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya kanker pada payudara.
Penyebab Kanker Payudara
Baca Juga : Penyebab Asam Urat Meningkat

Ada 8 faktor utama yang bisa menimbulkan kanker payudara yakni :

1. Genetik
Penyebab kanker payudara timbul yang paling pertama dan sangat mempengaruhi yaitu faktor genetik atau keturunan. Wanita yang memiliki orangtua atau saudara kandung yang memiliki riwayat kesehatan berupa kanker payudara memiliki resiko dua kali lipat dibanding wanita yang tidak memiliki riwayat kanker payudara. Bukan hanya riwayat kanker payudara saja namun juga kanker indung telur atau ovarium juga bisa menyebabkan wanita menderita kanker payudara.

2. Umur
Umur juga adalah faktor utama penyebab kanker payudara. Wanita dengan usia yang lanjut lebih beresiko terserang penyakit kanker payudara dibanding yang lebih muda. Wanita umur 50 sampai 70 tahun memiliki resiko paling tinggi terkena kanker payudara terutama jika mengalami keterlambatan menopause.

3. Obesitas
Obesitas atau kegemukan adalah faktor utama penyebab timbulnya kanker payudara. Wanita yang sudah menopause dan mengalami obesitas memiliki resiko 30% terkena kanker payudara. Wanita yang mengalami obesitas kadar insulinnya tinggi, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara.

4. Pola hidup
Pola hidup yang tidak sehat bisa juga menjadi salah satu penyebab kanker payudara. Pola hidup yang tidak sehat ini contohnya terlalu banyak makan junk food, kurang istirahat, tidak pernah olah raga dapat membuat tubuh mudah terkena penyakit termasuk kanker payudara.

5. Kontrasepsi
Penggunaan kontrasepsi berupa oral atau pil dapat meningkatkan resiko wanita terserang penyakit anker payudara. Penggunaan kontrasepsi berupa oral atau pil yang dikerjakan oleh para wanita muda akan menyebabkan resiko kanker lebih tinggi pada wanita.

6. Melahirkan
Anda pasti heran kenapa melahirkan dapat menjadi salah satu faktor utama munculnya kanker payudara. Melahirkan pada saat usia muda bisa menyebabkan timbulnya kanker payudara pada wanita, terutama jika wanita muda tersebut menyusui, resiko kanker payudara semakin besar.

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian untuk para penderitanya. Dari hasil riset yang sudah dilakukan setiap tahunnya ada banyak wanita yang meninggal karena kanker payudara. Penyebab kanker payudara memang belum pasti di ketahui apa, tapi ke delapan faktor utama di atas bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara. Sebagai wanita tentunya menjaga kesehatan payudara dengan cara hidup sehat menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker payudara ini. Selain itu, pola hidup sehat juga harus diterapkan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab kanker payudara, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.