Inilah Faktor Penyebab Asma yang Perlu Anda Ketahui!

Siapa yang tidak mengetahui penyakit asma? Asma adalah penyakit sesak napas yang sering kali menyerang penderita. Penyebab asma sendiri biasanya disebabkan karena adanya alergi yang diderita oleh seseorang. Asma adalah terjadinya peradangan kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala berulang dan dapat dikatakan sebagai penyumbatan saluran nafas reversibel. Adapun gejala asma ini biasanya ditandai dengan sesak nafas atau dada terasa berat, batuk, timbulnya bunyi lenguhan ketika bernafas, nafas pendek dan sulit sekali mengambil nafas.
Baca Juga : Penyebab Ambeien

Ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya asma, biasanya menyerang seseorang yang memiliki saluran nafas yang sangat rentan dan sensitif terhadap suatu hal. Adapun faktor penyebab asma biasanya dipicu oleh debu, udara dingin, atau bulu binatang. Penyakit asma dapat menyerang siapa saja dari beragam usia, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Penyakit asma ini biasanya bersifat sementara. Asma sendiri disebabkan oleh terhambatnya saluran udara yang masuk karena terjadi penyempitan pada saluran pernafasan tadi.

Adapun beberapa faktor penyebab asma yang perlu Anda ketahui, seperti berikut :

Faktor genetik
Ya, penderita asma bisa saja terjadi karena faktor keturunan. Contohnya salah satu atau kedua orangtua mempunyai riwayat penyakit asma, lalu asma ini di turunkan pada anaknya. Hal ini juga berlaku untuk kakek neneknya yang mempunyai riwayat penyakit asma, meskipun kedua orang tuanya tidak mempunyai riwayat penyakit asma.

Faktor makanan dan minuman
Faktor penyebab penyakit asma lainnya yaitu makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk Anda penderita asma, maka sangat disarankan untuk menjauhi beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti, makanan yang mengandung bahan pengawet, makanan atau minuman dingin, dan makanan yang mengandung MSG tinggi.

Faktor lingkungan
Faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit asma yaitu faktor lingkungan. Penderita asma biasanya sensitif sekali dengan lingkungan yang kotor dan berdebu. Jadi, sangat disarankan untuk Anda untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Anda. Untuk Anda yang mempunyai alergi terhadap bulu binatang, sebaiknya hindari kucing, anjing maupun hewan yang mempunyai bulu halus lainnya. Karena penyakit asma bisa dipicu dari alergi terhadap bulu binatang ataupun bulu dari boneka.

Udara yang dingin
Faktor yang tak kalah penting yang menjadi penyebab timbulnya penyakit asma yaitu udara dingin. Seperti AC ruangan yang disetting terlalu dingin akan menyebabkan timbulnya penyakit asma ini. Atau bisa juga udara malam yang dingin, apalagi jika Anda mengendarai motor dan tidak menggunakan pakaian tebal, maka akan sangat rawan sekali asma menyerang Anda secara tiba-tiba.

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan penyakit asma. Jadi, untuk mencegah terjadinya penyakit ini, maka Anda harus menjauhi hal-hal yang bisa menimbulkan alergi atau penyakit asma Anda kambuh. Demikian pembahasan tentang penyebab penyakit asma, semoga bermanfaat untuk Anda semua!