Makanan Penyebab Asam Urat Meningkat

Asam urat sebenarnya adalah nama suatu zat sisa yang dihasilkan oleh ginjal. Asam urat ini adalah hasil olahan dari zat purin dalam ginjal yang kemudian di ubah menjadi asam urat dan menumpuk di persendian. Zat purin ini sesungguhnya sangat bermanfaat untuk tubuh namun jika di produksi secara berlebihan bisa menyebabkan terbentuknya kristal yang menumpuk di ginjal dan persendian. Akibat dari penumpukan asam urat ini bisa menyebabkan nyeri. Penyakit asam urat ini biasanya dibarengi dengan penyakit lainnya seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya. Penyakit asam urat yang sudah parah bisa menyebabkan gagal ginjal.
Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Yang Jarang Di Sadari

Penyebab asam urat meningkat dalam tubuh disebabkan karena konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin. Ada banyak makanan yang bisa menyebabkan asam urat menjadi naik yakni :

1. Daging
Makanan penyebab asam urat yang pertama yaitu daging, daging adalah salah satu sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Daging juga baik untuk tubuh namun dalam daging juga mengandung zat purin yang sangat banyak dan bisa menyebabkan asam urat menjadi naik. Dalam daging mengandung 100 sampai 200 mg/gr zat purin tergantung dari jenis dagingnya. Bukan hanya daging mentah yang dimasak sendiri saja yang banyak mengandung zat purin namun juga olahan daging dalam kaleng. Makanan ini harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat.

2. Jeroan
Jeroan atau organ dalam hewan mengandung zat purin yang sangat banyak dan bisa menyebabkan asam urat menjadi naik. Jeroan seperti limpa, hati, ginjal, jantung mengandung zat purin 300 sampai 700 mg/gr. Sangat tinggi bukan? Mengkonsumsi jeroan yang terlalu banyak dapat dengan cepat membuat asam urat naik.

3. Seafood
Makanan penyebab asam urat yang selanjutnya yakni seafood. Seafood atau makanan laut yang bisa menyebabkan asam urat naik dengan cepat yakni kerang. Dalam setiap gr kerang zat purin yang terdapat di dalamnya yaitu sekitar 100 sampai 150 mg. Selain kerang, jenis seafood lainnya yang bisa menyebabkan asam urat naik yakni cumi-cumi dan udang.

4. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji atau fast food banyak sekali mengandung zat purin yang bisa menyebabkan asam urat menjadi naik.

5. Beberapa sayuran dan buah
Sayuran dan buah bisa juga menjadi penyebab asam urat menjadi naik. Tentunya tidak semua buah dan sayur bisa menyebabkan asam urat menjadi naik. Sayuran yang bisa menyebabkan asam urat diantaranya yakni daun melinjo, asparagus, kembang kol, dan bayam. Sedangkan buah-buahan yang banyak mengandung zat purin diantaranya nanas, durian, dan air kelapa.

Makanan-makanan di atas adalah makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi dan bisa menyebabkan asam urat dalam tubuh naik, terlebih jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Untuk penderita asam urat menghindari makanan di atas merupakan hal yang wajib dilakukan agar asam urat dalam tubuh tidak kembali naik. Penyebab asam urat naik dalam tubuh 90% dikarenakan konsumsi makanan, oleh sebab itu menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan yang seimbang harus Anda lakukan agar asam urat dalam tubuh tidak naik. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab asam urat, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.