5 Penyebab Liver Bengkak yang Perlu Diwaspadai

Penyakit liver adalah satu penyakit yang berbahaya. Hal ini dikarenakan keberadaan organ hati atau liver amatlah penting perannya untuk bisa menetralisir racun dalam tubuh. Ketika terjadi gangguan atau masalah sedikit saja seperti hati bengkak jelas akan mempengaruhi metabolisme tubuh dengan banyaknya jumlah racun dalam tubuh. Walaupun sudah menjadi tugasnya menetralkan racun, bukan berarti organ hati tidak dapat teracuni. Ketika jumlah racun dalam tubuh sangat banyak, maka bisa saja organ hati yang terserang racun itu menggantikan peran dari organ lainnya. Pembaca perlu memahami penyebab liver bengkak yang merupakan satu pokok gejala penyakit liver yang akan diuraikan penulis berikut ini.
Penyebab Liver
Baca Juga : Penyebab Leukosit

Infeksi virus hepatitis
Sebagian besar penyebab liver bengkak hingga rusak dan gagal melakukan fungsinya yaitu karena disebabkan oleh infeksi virus hepatitis. Merupakan penyakit menular yang terdiri dari virus hepatitis A, B, C, D, dan E, yang menyebabkan gejala-gejala yang berbeda. Media penularannya juga berbeda namun tetap harus diwaspadai karena juga bisa menjadi salah satu penyebab dari kanker hati yang menyebabkan kematian.

Tersumbatnya saluran empedu
Terdapatnya batu empedu atau dalam dunia medis disebut dengan penyakit Cholelithiasis juga bisa menjadi penyebab liver bengkak. Cairan dalam empedu sebenarnya di buat oleh hati yang kemudian disimpan dalam empedu. Jika saja saluran dalam empedu itu, maka bisa jadi hal inilah yang kemudian menghalangi hati untuk menyalurkan zat yang seharusnya disimpan dalam kantong empedu. Kemungkinan lainnya, substrate dalam kantong empedu tidak bisa tersalurkan dalam sistem pencernaan sehingga terlalu penuh sehingga zat yang seharusnya ada dalam empedu menumpuk didalam hati. Jika pembengkakan akibat sumbatan dalam kantong empedu ini terus berlanjut dapat terjadi pula peradangan dalam sel hati.

Terlalu banyak kolesterol
Salah satu tugas hati adalah merubah kolesterol dalam tubuh menjadi asam lemak. Ketika terlalu banyak jumlah kolesterol dalam tubuh ini akhirnya memberatkan kerja dari liver. Oleh karena itulah, penyakit kolesterol juga dikaitkan dengan penyebab liver bengkak dan akhirnya berimbas pada penyakit liver.

Minum-minuman beralkohol
Perlu Anda ketahui bahwa minum-minuman beralkohol sebenarnya merusak hati. Kandungan etanol dalam minum-minuman beralkohol sebenarnya tak layak berada dalam tubuh sehingga dianggap sebagai racun dan ditumpuk di dalam hati. Namun, sel-sel di dalam organ hati sendiri juga intolerir pada zat tersebut, sehingga seringkali menjadi penyebab liver yang sering disebut sebagai hepatitis alkoholik

Keracunan
Organ hati memang bertugas sebagai penawar racun dalam tubuh. Namun jika zat racun dalam tubuh tidak dapat ditawar oleh tubuh, maka akan sementara diendapkan dalam liver. Ketika dalam beberapa tahun zat ini terus menumpuk dan terus menumpuk sehingga juga meracuni hati.

Demikian yang bisa penulis paparkan seputar penyebab sakit liver yang mungkin mengancam Anda dan keluarga. Sebaiknya pembaca melakukan pencegahan setelah mengetahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.