Ciri-Ciri dan Penyebab Campak Pada Anak

Anak-anak cenderung masih rawan kondisi tubuhnya sehingga akan sangat mudah untuk terkena penyakit. Keluarga terutama untuk orangtua harus memberikan keamanan lebih pada anak agar anak tidak terserang bibit penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya kelak. Penyakit yang ditularkan melalui virus adalah salah satu jenis penyakit yang paling mudah menyerang anak-anak. Salah satu jenis penyakitnya yaitu penyakit campak. Penyakit ini mempunyai gejala awal yang sangat umum sehingga sangat sulit ditangani secara tepat saat pertama kali gejala muncul. Penyebab campak pada anak yang beragam menyebabkan mudahnya anak terserang oleh penyakit ini. Berikut ini akan penulis paparkan pada pembaca mengenai penyebab penyakit yang umum menyerang anak-anak ini untuk bisa dikendalikan agar si buah hati tidak terkena penyakit tersebut .
Baca Juga : Penyebab Cegukan Yang Tiba-Tiba

Ibu tidak memiliki kekebalan terhadap campak
Biasanya bayi yang masih berusia dibawah lima bulan akan sangat jarang terserang penyakit yang disebabkan oleh virus mobil ini. Hal ini karena bayi masih aktif mengkonsumsi ASI dan mewarisi sistem kekebalan ibu. Namun, lain halnya jika sang bunda juga tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sehingga pada akhirnya bayi dapat dengan mudah terkena penyakit campak. Media penularan melalui ibu juga bisa dengan mudah menular pada anak.

Anak belum kebal penyakit campak
Campak yang dipicu oleh virus mobil dapat menjadi keuntungan tersendiri. Hal ini karena anak yang pernah mengalami penyakit ini akan memiliki kekebalan seumur hidup pada campak. Oleh sebab itu, boleh jadi penyebab campak adalah karena anak belum mempunyai kekebalan terhadap penyakit tersebut . Jalan untuk dapat memperoleh kekebalan tidak lain yaitu dengan memberikan vaksin campin dalam beberapa minggu imunisasi secara berkala.

Waspada musim pancaroba
Keberadaan suhu dan musim yang sering berganti bisa menyebabkan menurunnya kualitas sistem kekebalan tubuh. Seperti pergantian musim atau pancaroba dapat menjadi pencetus penyebab campak pada anak-anak. Kasus luar biasa campak pada satu daerah juga akan meninggi bersamaan dengan datangnya musim pancaroba. Oleh sebab itu sebaiknya para bunda cenderung lebih protektif pada buah hatinya terlebih saat musim pancaroba menjelang.

Berkontak dengan penderita campak
Ketika anak sudah aktif bergerak mereka akan cenderung bebas mengeksplorasi dunia luar dan menemukan teman seumurannya. Masalah emosi dan pergaulan sosial sesungguhnya tidak bisa dihalangi. Oleh sebab itu, ketika salah seorang teman dari anak Anda terkena penyakit campak, maka akan mudah juga buah hati Anda tertular penyakit tersebut . Penyebab campak seperti ini juga dapat menyerang anak remaja dengan rentang usia 19-21 tahun atau lebih yang seharusnya mendapatkan imunisasi kedua atau lanjutan untuk mendapatkan kekebalan penyakit campak. Penyakit campak sangat mudah menular hanya dengan kontak dengan air ludah dan cairan tubuh lainnya dari penderita.

Itulah beberapa penyebab campak pada anak yang perlu diwaspadai karena resiko tertularnya campak kian membesar dengan banyaknya media penularan penyakit ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.