Empat Penyebab Tekanan Darah Tinggi Yang Paling Berkontribusi

Masalah angka kematian di seluruh dunia semakin meningkat. Fenomena memilukan itu sejak jaman dulu sampai dengan saat ini selalu menjadi fokus utama organisasi kesehatan dunia, yakni WHO. Pada hari kesehatan dunia tahun 2013 lalu WHO mengumumkan penyakit 10 besar di seluruh dunia. Serta penyakit yang menduduki peringkat pertama didunia itu yaitu penyakit Hypertensi. Penyakit yang lebih di kenal di Indonesia dengan sebutan tekanan darah tinggi ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Meskipun penyebab tekanan darah tinggi secara spesifik belum di ketahui, tetapi ada empat faktor yang ikut berperan, salah satunya :
 
Baca juga : Penyebab Tekanan Darah Rendah


Usia
Faktor maupun penyebab tekanan darah tinggi dapat terjadi adalah karena faktor usia. Usia memang tak dapat dibohongi, semakin usia bertambah, maka semua sistem yang ada didalam tubuh akan menurun produktivitasnya. Terutama di Negara berkembang seperti Indonesia ini, jumlah penderita tekanan darah tinggi atau hypertensi memang didominasi oleh lanjut usia. Orang yang telah berumur di atas 50 tahun memang sangat rawan terkena penyakit darah tinggi. Hal ini karena terjadinya pengerasan pada pembuluh darah utama jantung yang semakin menjadi saat usia makin bertambah.

Pola Hidup Tidak Sehat
Penyebab tekanan darah tinggi yang selanjutnya adalah berkaitan dengan gaya hidup yang dilakukan. Setelah tadi membahas faktor usia, tak menutup kemungkinan pada usia muda mengalami atau menderita penyakit sama dengan orang yang lansia yakni tekanan darah tinggi. Pola hidup yang salah menjadi faktor pendorongnya. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol maupun bersoda, serta kebiasaan jelek lainya akan semakin meningkatkan resiko terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi pada usia muda.

Faktor Keturunan
Penyebab tekanan darah tinggi yang ketiga yaitu faktor keturunan. Karena penyakit hypertensi atau darah tinggi ini termasuk penyakit degenerative. Penyakit yang termasuk ke dalam degenerative memang sangat susah untuk dicegah, karena sel-sel penyakit itu sudah pasti akan diwariskan dari orangtua pada anak-anaknya. Hingga harus lebih berhati-hati untuk mereka yang memiliki orangtua dengan riwayat penyakit tekanan darah tinggi, karena bukan tidak mungkin atau nyaris sudah dapat di pastikan akan dialami oleh anak-anaknya.

Berat Badan Berlebih
Jika ada orang yang mengatakan bahwa mempunyai tubuh besar atau gemuk adalah indikasi kesehatan. Tapi, hal itu  tidak semuanya benar, karena umumnya orang yang mempunyai berat tubuh berlebihan akan lebih tinggi resikonya untuk terkena penyakit ganas semisal hypertensi. Timbunan lemak di sekitar perut, pinggul serta paha adalah penyebab tekanan darah tinggi untuk orang yang mempunyai badan berlebihan. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mengontrol berat badan secara teratur agar berat badan ada dalam taraf normal.