Hal Penyebab Osteoarthritis

Penyebab osteoarthritis mungkin saja sedang Anda cari-cari saat ini. Hal tersebut diperlukan dalam mencari informasi tentang penyakit osteoarthritis yang terjadi pada diri Anda atau anggota keluarga Anda. Disini juga Anda menemukan jawaban seputar penyakit tersebut, walau singkat semoga artikel ini dapat berguna untuk Anda. Osteoarthritis adalah keadaan di mana seseorang yang mengalami kekurangan zat pembentuk tulang muda atau tulang rawan. Sedangkan tulang muda tersebut berkaitan erat dengan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh termasuk untuk tulang mudah didalam organ tubuh. Protein dibutuhkan untuk membentuk cartilage atau lapisan tulang lunak sebagai tumpuan antar sendi didalam tubuh.
Baca Juga : Penyebab Osteoporosis
Dengan demikian penyebab osteoarthritis dapat diindikasikan karena adanya kondisi tulang yang tidak sempurna dalam susunan tulang. Kelainan ini juga sering terjadi pada usia yang memasuki usia senja. Kondisi tulang yang sudah tua otomatis kandungan air dalam cartilage kadarnya lebih tinggi. Serta Kadar protein dalam cartilage yang malah berkurang. Pada akhirnya tulang muda mulai mengalami degenerasi dengan membentuk partikel crevasses. Kondisi ini menyebabkan adanya efek samping seperti rasa nyeri ketika sendi-sendi.

Faktor penyebab osteoarthritis
Osteoarthritis bisa juga disebabkan oleh faktor lain dan kondisi lain. Faktor tersebut dapat disebabkan oleh berat badan yang berlebihan. Hal ini dapat menjadi penyebab osteoarthritis. Secara teori dapat dijelaskan bahwa tekanan yang pada cartilage menyebabkan rasa nyeri pada persendian. Ketika memasuki penuaan, maka tubuh rentan mengalami obesitas. Kondisi tersebut yang membuat tulang tidak mampu menahan beban berat tubuh yang semakin besar karena kegemukan. Efek paling terasa dirasakan pada bagian persendian di lutut, siku dan pergelangan. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kita menjaga berat badan supaya tetap ideal, termasuk rutin berolah raga.

Cartilage yang mengalami degenerasi dapat disebabkan oleh pengkristalan cairan crevasses. Kondisi ini juga bisa menjadi faktor terjadinya keluhan lain seperti asam urat. Sementara endapan calcium pyrophosphate dapat menyebabkan arthritis di bagian pseudo gout. Penyebab osteoarthritis ini termasuk resiko jangka panjang akibat tidak mendapatkan penanganan secara tepat.

Gejala yang terjadi pada osteoarthritis
Osteoarthritis adalah keluhan penyakit pada persendian. Berbeda dengan penyakit tulang, lainnya yang dapat terjadi akibat kegagalan sistemik pada tubuh. Penyebab osteoarthritis dapat di lihat dari gejala yang dialami pada penderita arthritis yaitu gangguan rasa nyeri pada persendian. Tetapi gejala lain dapat dijumpai seperti terjadinya pembengkakan pada persendian dan keretakan pada tulang.

Gangguan pada tulang ini tentu juga bisa dicegah lebih dini. Tidak jauh berbeda dengan penyakit tulang lain, pencegahan osteoarthritis dapat dilakukan secara alami. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi menjadi kebutuhan utama dalam gaya hidup sehat. Cara ini cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan protein tinggi sebagai zat yang diperlukan dalam pembentukan fertilage, sehingga penyebab osteoarthritis dapat diminimalisir.