Kenali Berbagai Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid merupakan hal yang pasti dialami oleh semua wanita. Penyebab haid tidak teratur terkadang menjadikan siklus haid tidak datang setiap bulannya. Kondisi tersebut memang cenderung membuat seorang wanita mengalami kekhawatiran yang sangat tinggi. Terkadang justru wanita akan mengalami tingkat stress yang semakin tinggi ketika mengalami hal itu. Siklus haid yang tidak teratur tidak hanya dialami wanita yang masih muda saja akan tetapi juga wanita yang sudah dewasa. Sehingga Anda harus selalu menjaga kondisi tubuh agar tidak mengalami hal tersebut . Anda juga harus mewaspadai ketika haid yang tidak teratur menimpa diri Anda. Karena ada kemungkinan itu gejala akan mengalami menopause atau gejala suatu penyakit.
Beberapa penyebab haid tidak teratur diantaranya :

1. Kecapekan
Jika Anda seorang wanita karier, mungkin saja rasa lelah pada tubuh dirasakan Anda setiap hari. Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tidak melakukan aktifitas yang berlebihan. Ternyata kondisi tubuh yang kecapekan juga dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Hal ini menjadi penyebab utama bagi para wanita karier yang aktif bekerja. Kecapekan memang menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari, hanya dapat di minimalisir saja. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kondisi tubuh Anda agar tidak kecapekan. Hal ini karena bisa membuat produksi hormon menjadi tidak baik.

2. Kondisi Stres
Stress juga menjadi penyebab haid tidak teratur. Stress memang banyak dialami para wanita baik wanita karier ataupun tidak. Kondisi tersebut bisa terjadi misalnya seseorang terlalu memikirkan masalah yang terjadi pada hidupnya. Kondisi stress akan membuat kondisi hormonal tidak stabil. Ketika hormone tidak stabil, maka akan membuat ovarium tidak bisa menghasilkan sel telur. Sehingga menstruasi tidak terjadi pada diri Anda. Sebab itu, Anda harus menghindari stress agar terhindar siklus menstruasi yang tidak lancar.

3. Terjadinya Kehamilan
Jika dalam waktu 1 bulan, Anda tidak mengalami menstruasi mungkin saja Anda sedang mengalami kehamilan. Salah satu penyebab haid tidak teratur yakni kehamilan. Kondisi wanita hamil membuat siklus menstruasi menjadi berhenti. Hal tersebut disebabkan karena ovarium untuk sementara tidak membuahkan sel telur. Hormone yang biasanya menyebabkan terbentuknya sel telur untuk sementara tidak berproduksi sehingga ovarium tidak dapat membuahkan sel telur. Sebaiknya untuk mengetahui hal tersebut, gunakan tes kehamilan agar bisa mengetahui Anda hamil atau tidak.

4. Berat Badan yang Berlebihan
Berat badan juga mempengaruhi penyebab haid tidak teratur. Kenaikan berat badan yang berlebihan bisa membuat terganggunya produksi sel telur didalam ovarium. Berat badan yang naik secara spontanlah yang dapat mengakibatkan hal tersebut . Karena kenaikan berat badan bisa terjadi karena adanya gangguan kelenjar tiroid. Salah satu gejala yang terlihat yaitu siklus menstruasi yang tidak teratur. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika mengalami hal tersebut . 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab haid tidak teratur, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.