Pelajari Secara Detail Penyebab Gondongan pada Anak

Apakah Anda sudah mendapati adanya pembengkakan di bagian bawah telinga anak Anda? Bisa jadi, itu merupakan penyakit gondong. Penyakit gondong atau mump adalah suatu penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada area kelenjar ludah. Kelenjar tersebut berperan untuk menghasilkan ludah. Bagian tersebut ada dibawah telinga dan dibawah rahang. Biasanya gondongan terjadi pada anak-anak. Gondongan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Ketika penyakit tersebut mulai menyerang, maka badan anak akan merasakan demam yang tinggi. Nyeri di bagian otot sekitar leher, dan juga nafsu makan yang cenderung mengalami penurunan. Penyebab gondongan pada anak harus Anda pelajari dengan detil agar anak Anda tidak terkena gondongan.
Baca Juga : Penyebab Gigi Berlubang

Beberapa hal yang menjadi penyebab dari penyakit gondong diantaranya :

Paramyxo virus
Virus tersebut masuk ke dalam famili Paramyxoviridae, termasuk dalam genus Paramyxovirus. Pada virus tersebut mempunyai dua permukaan glycoprotein yakni hemagglutinin-neuraminidase dan fusion protein. Virus tersebut sangat sensitive dengan panas dan juga sinar ultraviolet. Penyebab gondongan memang sangat susah untuk dihindari. Mengingat bahwa virus dengan bebas hidup di udara. Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada jika anak Anda sudah terinfeksi virus tersebut . Oleh karena penyakit gondong disebabkan oleh virus, maka penyakit tersebut termasuk dalam penyakit yang dapat menular.

Kontak langsung dengan anak yang terinfeksi virus mump
Kontak langsung dengan penderita penyakit gondong adalah salah satu penyebab gondongan. Anak cenderung memang tidak memperhatikan kondisi temannya ketika bermain atau berinteraksi. Kontak langsung menjadi salah satu penyebaran virus yang efektif atau penularan yang efektif untuk penyakit tersebut . Anda harus menjauhkan anak Anda untuk sementara jika salah satu temannya mengalami gondongan. Karena hal tersebut akan sangat membahayakan kesehatan anak. Apalagi jika anak Anda adalah anak yang mempunyai daya tahan tubuh yang tidak kuat, maka hal tersebut harus benar-benar dihindari.

Tidak melakukan imunisasi MMR
Imunisasi MMR adalah imunisasi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit gondong. Imunisasi tersebut bisa diperoleh di dokter atau bidan yang sudah berpengalaman. Namun, sayangnya pemberian vaksin tersebut terhadap anak tidak begitu mendapat respon yang positif untuk para orangtua. Banyak orang tua yang merasa ketakutan ketika akan memberikan vaksin tersebut . Penyebab gondongan karena anak tidak diberikan vaksin MMR menjadi semakin marak. Meskipun setiap imunisasi yang diberikan mempunyai efek samping, namun sebaiknya Anda harus memberikan vaksin tersebut .

Dengan diuraikannya beberapa penyebab gondongan, semoga Anda sebagai orangtua lebih bijak dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan kondisi kesehatan anak. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda dan sang buah hati. Selalu jaga kesehatan buah hati agar selalu sehat dan ceria.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab gondongan, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.