Pengapuran Sendi, Penyebab Radang Sendi Ini Patut Diwaspadai

Hampir semua orang mungkin pernah mengalami radang maupun nyeri sendi, oleh sebab itu banyak orang yang penasaran mengenai penyebab radang sendi itu sendiri. Selama ini banyak yang berasumsi bahwa penyakit yang berhubungan dengan nyeri sendiri yakni penyakit reumatik serta asam urat. Sebenarnya kedua penyakit itu memang mampu memberikan efek nyeri pada sendi, tetapi tidak semua radang sendi diakibatkan oleh kedua penyakit itu. Selain itu, kolesterol serta osteoporosis juga sering dianggap sebagai penyakit radang sendi.
 
 Baca Juga : Penyebab Rambut Beruban

Penyebab radang sendi sebenarnya yakni :

Usia di atas 45 tahun
Seseorang yang sudah berusia 45 tahun ke atas mempunyai resiko untuk terkena radang sendi. Terutama pada bagian lutut serta pinggul, pada bagian itu terdapat pengapuran. Pengapuran sendi adalah kondisi di mana tulang rawan mulai menipis. Tulang rawan sendiri berfungsi untuk melapisi ujung tulang pembentuk sendi agar sendi bisa bergerak secara bebas tidak ada rasa nyeri. Oleh sebab itu, jika tulang rawan menipis maka ujung tulang yang membuat sendi akan saling bertemu serta bergesekan secara langsung dan mengakibatkan peradangan sendi.

Penipisan tulang rawan sendiri bukan cuma karena faktor usia, tetapi bergantung dari kondisi orang itu. Faktor resiko yang bisa menyebabkan pengapuran sendi yakni :
  • Usia lebih dari 45 tahun
  • Mempunyai berat badan yang berlebih
  • Mempunyai aktifitas yang berlebihan setiap harinya akibat profesi atau pekerjaan juga dapat menjadi penyebab radang sendi karena pengapuran
  • Mengalami kelemahan otot paha
  • Pernah menderita patah tulang pada area sekitar sendi dan dalam masa perawatannya kurang tepat
  • Hal-hal tersebutlah yang menjadi faktor yang menyebabkan pengapuran sendi.
  • Usia dibawah 45 tahun
Seseorang yang berusia dibawah 45 tahun juga dapat menderita radang sendi, penyebab radang sendi ini yakni karena adanya aktifitas fisik yang berlebihan maupun adanya cedera akibat olahraga. Wanita mempunyai kecenderungan yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini, yaitu berhubungan dengan hormon estrogen. Terlebih lagi untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause. Selain itu, wanita juga memiliki bentuk pinggul yang lebih lebar dibandingkan laki-laki hingga memaksa tulang kaki untuk menopang berat badan yang berlebih akibat menumpuknya lemak pada bagian pinggul.

Penyebab nyeri sendi lainnya yakni akibat pergerakan tubuh yang kurang teratur, yaitu terlalu berlebihan maupun malah kurang beraktivitas hingga sendi kurang bergerak. Untuk mengatasi radang sendi, sebaiknya lakukanlah latihan fisik secara teratur agar dapat melenturkan sendi dan membuat sendi menjadi lebih kuat serta sehat. Berjalan kaki, bersepeda, lari, senam aerobik serta berenang dapat menjadi latihan yang baik untuk tulang sendi Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab radang sendi, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.