Penting! 6 Faktor Penyebab Sesak Nafas Ini Wajib Anda Baca

Penyebab sesak nafas merupakan salah satu hal yang wajib untuk Anda ketahui, hal ini menjadi penting karena nafas adalah kebutuhan setiap manusia. Setiap orang yang hidup sudah pasti harus bernafas, oksigen sangat diperlukan oleh tubuh untuk sistem metabolisme. Sesak nafas yaitu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Bayangkan saja jika seseorang susah bernafas, maka apakah yang akan terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan lebih menguntungkan, Anda akan lebih waspada dan berhati-hati agar tidak terjangkit penyakit ini. Di bawah ini akan dibahas tentang hal-hal yang bisa menyebabkan sesak nafas.
Baca Juga : Penyebab Susah Tidur

Faktor genetik
Seseorang yang menderita penyakit sesak nafas ini akan beresiko menurunkan penyakitnya pada keturunannya. Jika paru-paru sudah lelah, maka sesak nafas akan mulai dirasakan, ditambah lagi jika keadaan tubuh dalam keadaan lemah. Untuk Anda yang menerima resiko ini, sebaiknya bisa diatasi dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Faktor lingkungan
Lingkungan juga menjadi salah satu penyebab sesak nafas, yakni kondisi udara yang dingin serta lembab. Tempat yang berdebu, banyak polusi seperti abu rokok, asap dan juga serbuk bunga bisa mengakibatkan sesak nafas.

Lendir berlebih
Produksi lendir yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab sesak nafas karena lendir itu menyumbat saluran udara. Lendir itu bisa diperoleh dari product seperti tepung, susu, nasi putih serta permen.

Kurang cairan
Kurangnya konsumsi cairan juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami sesak nafas. Pasalnya jika konsumsi cairan kurang, maka lendir yang terdapat di paru-paru serta saluran pernafasan mengental.

Masalah tulang dan otot
Masalah susunan tulang serta otot tegang yang terjadi pada punggung terutama di bagian atas bisa menghambat sensor dari syaraf serta bioenergi, baik dari maupun menuju paru-paru.

Emosi yang tidak stabil
Salah satu penyebab sesak nafas yakni adanya ketidakstabilan emosi, di mana orang yang mengalami gelisah, takut, depresi dan rendah diri lebih cenderung menahan nafas. Bahkan mungkin juga menarik nafas secara berlebihan, terlalu cepat dan sering. Hal tersebut dapat membuat orang itu terengah-engah saat bernafas dan terjadinya sesak nafas.

Setelah mengetahui penyebab penyakit sesak nafas itu, tentu saja Anda bisa menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan sesak nafas. Untuk mengatasi sesak nafas untuk Anda yang menderita penyakit ini, maka baiknya Anda tinggal di lingkungan yang banyak pepohonannya, di mana lingkungan hijau dan lapang memiliki kwalitas oksigen yang bagus. Jika Anda tidak tinggal di ruang itu setidaknya kunjungilah tempat seperti itu secara teratur dan berkala. Demikian yang bisa di sampaikan tentang penyebab sesak nafas, semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.