Penting! Ini Dia Penyebab Feses Berwarna Hitam

Penyebab Feses berwarna hitam berikut wajib Anda baca untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pada diri Anda. Feses maupun tinja umumnya berwarna cokelat maupun kuning, tetapi pada kondisi tertentu seseorang bisa mengeluarkan feses berwarna hitam. Makanan yang sudah dikonsumsi akan di proses di dalam tubuh, dikeluarkan dalam bentuk tinja maupun feses dengan warna normal kuning maupun cokelat. Jika feses berwarna hitam maka ini berarti di dalam feses terdapat darah. Feses yang tercampur oleh darah tersebut akan tampak hitam, darah ini bisa berasal dari bagian saluran pencernaan. Misalnya saja kerongkongan, perut dan usus kecil.
Penyebab Feses Berwarna Hitam
Baca Juga : Penyebab Efusi Pleuera

Untuk dapat menghindari hal ini terjadi, maka sebaiknya simak penjelasan tentang penyebab feses berwarna hitam berikut :

Peptic ulcer
Peptic ulcer maupun bisul perut atau tukak lambung ini adalah luka terbuka yang terdapat di lapisan kerongkongan, usus kecil maupun perut. Tukak lambung ini bisa disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Selain itu, penyebab lain tukak lambung diantaranya yakni obat nyeri yang berlebihan, alkohol dan juga merokok. Hal-hal ini bisa membuat tukak lambung semakin memburuk, oleh karena itu sebaiknya hindari hal-hal tersebut . Jika dibiarkan saja, maka akan menjadi salah satu penyebab feses berwarna hitam.

Gastritis
Gastritis maupun radang perut ini merupakan kondisi di mana adanya radang di dalam selaput perut. Gastritis ini pada umumnya disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, obat tertentu, infeksi bakteri dan juga merokok. Jika Anda sudah terkena gastritis maka sebaiknya konsultasikan pada dokter agar mengetahui penyembuhan yang tepat untuk Anda. Meskipun ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengurangi asam lambung bisa meringankan penyakit ini tetapi akan lebih baik jika mengkonsultasikan dengan dokter. Tidak hanya menjadi penyebab feses berwarna hitam, gastritis juga dapat menyebabkan rasa mual, hilangnya nafsu makan dan bahkan muntah darah.

Air mata Mallory-Weiss
Air mata ini adalah air mata yang dihasilkan oleh mukosa, yakni pada daerah esophagus memenuhi perut. Meskipun jarang terjadi tetap perlu diwaspadai, air mata ini disebabkan adanya batuk yang berlebihan dengan tenaga yang kuat maupun muntah serta kejang. Penderita air mata Mallory-Weiss ini juga dapat mengalami muntah darah. Penyakit ini bisa sembuh sendirinya dengan menunggu sekitar 10 hari, jika tidak segera sembuh maka bisa dibantu dengan transfusi darah. Jika sudah kehilangan banyak darah dan sangat parah dapat melakukan transfusi darah untuk mengganti darah yang hilang.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan feses Anda berwarna hitam. Sebagai langkah aman agar tidak terserang penyakit ini dan penyakit lain, maka sebaiknya terapkanlah gaya hidup sehat dan pola makan sehat. Dengan begitu, Anda bisa memiliki tubuh yang sehat serta bugar. Sekian yang bisa di sampaikan tentang penyebab feses berwarna hitam, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.