Penyebab Encok Yang Wajib Anda Ketahui Serta Cara Menangani Dengan Baik

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai penyakit encok mulai dari ciri-ciri encok, penyebab encok serta cara menanganinya dengan baik dan tepat. Rasa nyeri sendi, sendi kaku, sendi bengkak dan juga sendi panas adalah ciri-ciri penyakit encok. Encok merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang ada di jaringan ikat, yakni di ruang pada 2 tulang maupun pada tulang itu sendiri. Penumpukan asam urat tersebut dihasilkan dari pemecahan purin, di mana zat ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan. Jika kandungan asam urat terlalu banyak maka ginjal sudah tidak dapat lagi menghilangkannya melalui urin dan mengakibatkan encok.
Baca Juga : Penyebab Epilepsi

Berikut ini adalah penyebab encok yang bisa Anda ketahui agar Anda lebih waspada akan penyakit encok :
  • Obesitas maupun kelebihan berat badan yaitu salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab terkena encok. Di mana seseorang yang mempunyai berat badan yang berlebihan akan mempunyai banyak jaringan yang bisa dipecah maupun berganti. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan produksi asam urat dalam tubuh.
  • Minum alkohol. Alkohol pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak meminum alkohol akan membuat perjalanan asam urat menjadi terganggu dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan dari tubuh.
  • Gangguan pada enzim. Jika terdapat gangguan yang menyerang salah satu enzim dalam tubuh maka bisa membantu pemecahan purin. Sedangkan purin sendiri banyak dikandung oleh berbagai jenis makanan dan hal semacam ini bisa menjadi penyebab encok.
  • Konsumsi obat tertentu. Obat tertentu seperti salisilat, levodopa, cyclosporine dan juga obat diuretik yaitu obat tertentu yang juga dapat menyebabkan encok.
  • Faktor genetik. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa faktor genetik juga adalah salah satu penyebab encok.
Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit encok, jika tubuh terasa terkena encok maka sebaiknya lakukan cara berikut :
  • Memperbanyak minum air putih, air putih akan membantu tubuh untuk mengeluarkan asam urat yang berlebihan bersama urin.
  • Jauhi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam urat meningkat. Diantaranya yakni bir, alkohol, ikan sarden, teri, melinjo, ragi, telur ikan, jamur, bayam, kembang kol, kaldu dan juga hati.
  • Menjaga berat badan agar tidak berlebihan dengan melakukan olahraga dengan teratur. Memiliki berat badan lebih juga merupakan salah satu penyebab penyakit encok.
  • Konsultasi pada dokter juga dapat dilakukan agar lebih mudah dalam masa penyembuhannya.
Encok atau yang sering disebut asam urat bukan penyakit rematik. Encok merupakan gangguan yang terjadi pada metabolisme pengeluaran asam urat dalam darah sedangkan reumatik yaitu gangguan autorium. Sekian yang bisa di sampaikan mengenai penyakit encok dimulai dari ciri-ciri, penyebab encok serta cara menanganinya. Semoga sedikit penjelasan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.