Penyebab Flu dan Batuk Serta Cara Mengatasinya

Pada Kesempatan ini akan dibahas mengenai penyebab flu dan batuk, penyakit yang seringkali diderita oleh semua orang. Penyakit flu dan batuk memang adalah penyakit yang mungkin hampir semua orang pernah menderitanya. Penyakit ini perlu diwaspadai, oleh karena itu simak penjelasan berikut agar bisa mengatasi penyakit flu dan batuk secara tepat. Penyakit yang menyerang hampir semua manusia ini tidak mengenal usia maupun jenis kelamin, bahkan penyakit flu dan batuk sering disebut sebagai penyakit musiman oleh masyarakat.
Baca Juga : Penyebab Varises

Banyak orang sering menyebutkan beberapa penyebab flu dan batuk, hal tersebut hanya menjadi mitos semata. Walau begitu masih banyak orang yang meyakini, berikut ini yaitu mitos penyebab penyakit flu dan batuk :
  • Cuaca atau perubahan musim
  • Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan dan krupuk
  • Kehujanan
  • Terkena kipas angin maupun terkena angin kendaraan
  • Kelelahan atau kurang istirahat
  • Meminum minuman es
  • Udara dingin, ruangan ber-AC dan berenang yang menyebabkan kedinginan
  • Terkena debu atau bulu binatang
Hal-hal tersebut merupakan mitos yang sampai saat ini diyakini oleh banyak orang. 
Pada dasarnya hal-hal tersebut bukanlah penyebab flu dan batuk melainkan pemberat penyakit flu dan batuk. Penyakit flu dan batuk pada dasarnya merupakan karena iritasi yang terjadi pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan batuk, sedangkan batuk biasanya dibarengi dengan flu. Pasalnya biasanya penderita batuk juga mengalami infeksi di bagian hidung. Jadi secara umum, penyakit flu dan batuk adalah penyakit alergi. Jika Anda terserang penyakit ini jangan terlalu cemas dan langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia. Konsultasikanlah dengan dokter jika penyakit ini berlanjut dan tidak sembuh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Karena penyebab flu dan juga batuk adalah karena alergi, yang perlu dilakukan yakni menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan alergi. Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah maupun mengatasi penyakit flu dan batuk :

Konsumsi makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang akan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Istirahat yang cukup
Karena penyebab flu dan batuk adalah karena alergi, dengan istirahat yang cukup maka daya tahan tubuh meningkat dan resiko terkena alergi akan menurun.

Perhatikan lingkungan
Lingkungan, baik rumah maupun pekarangan rumah sebaiknya dijaga kebersihannya agar selalu bersih dan sehat.

Lakukan kebiasaan baik
Rajin membersihkan tangan dengan sabun baik sebelum atau sesudah makan serta sebelum atau sesudah beraktivitas akan meminimalisir resiko terserang penyakit flu dan batuk.

Demikian yang bisa di sampaikan mengenai penyebab flu dan batuk serta cara mengatasinya dengan tepat, semoga sedikit penjelasan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.