Penyebab Kehamilan Anak Kembar

Penyebab kehamilan anak kembar adalah suatu hal yang banyak di cari orang, karena mereka berkeinginan untuk mempunyai anak kembar. Kelahiran anak kembar bisa terjadi secara alami, namun belakangan ini ada perawatan kesuburan yang bisa menyebabkan kelahiran kembar. Untuk kehamilan anak kembar yang sering terjadi yakni satu sel tertular dibuahi, kemudian terbagi menjadi 2 atau lebih embrio. Ciri khas dari anak-anak yang terlahir kembar yakni selalu berjenis sama dan perawakan yang dimiliki juga sama. Pada kondisi tersebut disebabkan karena mempunyai kantong ketuban yang berbeda namun embrio yang dimiliki satu plasenta.
Baca Juga : Penyebab Katarak

Sedangkan penyebab kehamilan anak kembar fraternal yakni 2 atau lebih sel telur bisa dibuahi dan ditanamkan didalam rahim. Anak-anak yang lahir dengan kehamilan kembar ini memiliki jenis kelamin yang berbeda karena tergantung dengan sperma yang membuahi sel telur tersebut . Kehamilan anak kembar fraternal ini mempunyai kantung ketuban dan plasenta dengan terpisah untuk masing-masing embrio.

Di bawah ini penyebab kehamilan anak kembar secara alam.

Faktor Genetika
Faktor genetika adalah penyebab utama orang melahirkan anak kembar. Karena seseorang yang mempunyai keluarga hubungan sedarah melahirkan anak kembar, ada besar kemungkinan orang itu juga akan mengalami hal yang sama.

Memiliki Kelebihan Berat Badan
Seseorang yang memiliki berat badan lebih punya kemungkinan lebih besar untuk hamil anak kembar. Sebuah riset dari College Of Obstetrics dan Gynecology mengatakan bahwa penyebab kehamilan anak kembar sering terjadi pada wanita yang mempunyai massa tubuh yang lebih dari 30. Namun hal itu juga terjadi apabila memiliki sejarah pasangan suami istri yang memiliki sejarah dari keluarga kembar.

Hamil Pada Usia Sudah Tua
Sekitar dari 17 % wanita yang mempunyai kehamilan anak kembar yakni usia di atas 45 tahun. Karena usia itu lebih berpeluang untuk melahirkan anak kembar. Untuk kehamilan pada usia di atas 50 tahun juga semakin besar, namun resiko terjadinya keguguran juga semakin rentan.

Melakukan Program Fertilitas
Penyebab kehamilan anak kembar juga sering terjadi karena melakukan program fertilitas. Dahulu seseorang yang bisa melahirkan anak kembar adalah sebuah keuntungan. Namun sekarang di zaman teknologi yang telah modern, untuk mempunyai anak kembar bisa diprogram dengan menerapkan teknologi tinggi yang dinamakan program fertilitas. Penggunaan program itu berfungsi untuk menstimulus terjadinya ovulasi didalam rahim dan penerapan bayi tabung yang memungkinkan terjadinya embrio yang tumbuh lebih dari satu didalam rahim wanita tersebut .

Pernah Melahirkan Anak Kembar
Seseorang yang pernah melahirkan anak kembar pada kehamilan pertama juga mempunyai kemungkinan lebih besar untuk melahirkan anak kembar lagi pada kehamilan berikutnya. Seseorang yang pernah mempunyai anak kembar akan berpeluang 4 kali lipat untuk memiliki anak kembar lagi di banding wanita yang belum pernah melahirkan anak kembar.

Itulah penyebab-penyebab terjadinya kehamilan anak kembar. Jadi kehamilan anak kembar dapat terjadi karena faktor-faktor di atas.