Penyebab Ngorok Yang Mengganggu

Sebenarnya apa penyebab ngorok? Mengapa ada orang-orang yang tidurnya mendengkur dengan sangat keras? Ngorok atau mendengkur saat tertidur kerapkali di artikan bahwa orang itu tidur nyenyak karena kelelahan. Namun sebenarnya mendengkur adalah gangguan pernapasan yang terjadi ketika kita sedang tidur. Penderita gangguan itu jarang yang menyadari bahwa dirinya ngorok saat tidur. Orang-orang di sekelilingnya lah yang biasanya terganggu dengan suara dengkuran keras tersebut .
Baca Juga : Penyebab Mata Kedutan

Penyebab ngorok atau mendengkur yang paling utama adalah terjadinya penyempitan saluran udara pada lubang hidung atau tenggorokan. Suara dengkuran yang keras timbul akibat getaran udara yang kesulitan masuk ke dalam tubuh. Getaran udara tersebut bergesekan dengan langit-langit mulut, tonsil serta otot-otot tenggorokan dan menghasilkan suara keras. Faktor penyebab ngorok antara lain yaitu :

Usia
Organ tenggorokan bisa menyempit seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang. Otot-otot dibagian tenggorokan berkurang elastisitasnya sehingga tidak bisa bekerja maksimal memasukkan udara ke paru-paru ketika dalam posisi berbaring.

Kondisi Fisik
Kebanyakan pria lebih sering mendengkur dibanding wanita. Saluran udara di tenggorokan yang lebih sempit menjadi penyebab ngorok pada pria. Selain saluran udara yang menyempit, kondisi fisik lain seperti langit-langit mulut terbelah serta pembesaran kelenjar tiroid juga berperan menjadi penyebab seseorang tidur mendengkur.

Sinusitis
Penyakit sinusitis menyebabkan udara terhalang masuk ke hidung sehingga proses pernapasan terganggu dan penderita mendengkur. Untuk mengatasinyadiperlukan penangan khusus dari dokter THT.

Kegemukan
Orang yang menderita kegemukan atau berat badan berlebih cenderung ngorok. Ini karena penumpukan lemak dibawah kulit tenggorokan membuat kekuatan otot berkurang akibatnya orang gemuk cenderung mendengkur ketika tidur. Oleh sebab itu, , coba turunkan berat badan agar Anda tidak mengorok lagi.

Posisi Tidur
Tidur dengan cara terlentang bisa menyebabkan otot tenggorokan menjadi lebih rileks sehingga memblokir saluran udara. Hal tersebut bisa menyebabkan seseorang tidur mendengkur.

Pola Hidup
Orang dengan pola hidup tak sehat seperti merokok dan minum alcohol juga cenderung tidur dalam keadaan mendengkur. Ini terjadi karena otot-otot di sekitar tenggorokan menjadi santai dan menghalangi masuknya udara ketika sedang tertidur.

Saat ini di pasaran tersedia alat bantu yang mengklaim bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan ngorok seseorang. Alat itu berupa bantal khusus yang bisa digunakan penderita ketika tidur. Belum ada riset mengenai efektifitas penggunaan alat ini dalam mengatasi penyebab ngorok, namun mungkin tetap dapat dicoba jika Anda tertarik. Yang jelas, ngorok sebenarnya berbahaya karena kekurangan oksigen pada waktu tidur dapat mengarah ke gangguan yang lebih serius seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes bahkan stroke. Oleh sebab itu, segera temui dokter untuk mengatasi kebiasaan mendengkur agar tidak terjadi masalah kesehatan yang lebih parah.