Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Gejalanya

Jika belakangan ini Anda sering merasakan gejala sakit nyeri di bagian ulu hati, maka sebaiknya Anda istirahat sejenak sekarang. Luangkan waktu untuk membaca artikel penyebab nyeri ulu hati ada halaman ini. Di sini, Anda akan menemukan jawaban dari masalah yang sering dirasakan Anda saat ini. Penyebab nyeri ulu hati bukan hanya karena ada faktor kesalahan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Sebab, nyeri ulu hati dapat menjadi tanda seseorang mengalami sakit tertentu. Contohnya saja seperti menderita gastritis, yaitu adanya kelainan pada organ lambung seperti radang dan pembengkakan lambung.
Baca Juga : Penyebab Nyeri Pinggang

Penyebab Nyeri ulu hati
Penyebab nyeri ulu hati biasanya disebabkan makan yang tidak teratur. Selain itu, hal ini juga karena mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi. Untuk menganan masalah tersebut, kita cukup makan teratur. Tetapi jika pola makan dan konsumsi yang baik tidak membawa perubahan, bisa jadi itu merupakan adanya kelainan seperti yang dijelaskan diawal tadi. Mungkin ada penyebab nyeri ulu hati lainnya yang menyebabkan adanya penyakit didalam kembung. Misalnya ada gangguan lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Bakteri ini sumbernya dari makanan yang tidak dicuci sampai bersih ataupun perlengkapan yang sudah terkena bakteri.

Gejala yang timbul pada nyeri ulu hati
Biasanya, gangguan nyeri ulu hati disertai gejala pada penderitanya. Gejala yang umum dirasakan antara lain adalah perut mual, sakit dan melilit. Jika sakit tersebut dirasakan semakin lama, terkadang juga menyebabkan gejala mencret dan diare. Penyebab nyeri ulu hati ini harus segera ditangani sebelum gejala yang dirasakan semakin parah. Berilah pertolongan pertama berupa minum oralit jika penderitanya sampai mengalami diare. Kemudian, penderitanya dibawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan secara medis.

Pengobatan nyeri ulu hati
Jika sudah dibawa ke dokter, tentu sudah lebih lega. Karena dokter pasti memberikan obat yang berfungsi untuk mengobati nyeri dan mengurangi rasa sakit tersebut . Pada tahap ini, pasien harus mengistirahatkan tubuhnya selama beberapa hari sampai kondisi mulai membaik. Penyebab nyeri ulu hati itu juga bisa diobati dengan cara alami. Obat alami tersebut dapat dikonsumsi meskipun tetap minum obat dari dokter.

Obat alami yang dapat digunakan untuk membasmi bakteri di dalam lambung tersebut adalah minum susu fermentasi atau yogurt. Di dalam yogurt terdapat senyawa anti bakteri yang mengganggu sistem pencernaan dan lambung. Minum susu fermentasi itu 3 kali setiap harinya. Jika dikonsumsi secara teratur, bakteri penyebab sakit ulu hati akan mati dengan sendirinya. Kemudian, penderita yang sudah sembuh harus benar-benar menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan rumah. Hal ini bertujuan supaya bakteri penyebab nyeri pada ulu hati dapat dibasmi secara alami. Selain itu, Anda juga harus makan dan minum yang teratur.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab nyeri pada ulu hati, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.