Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark

Q Patologis adalah salah satu gelombang yang dipakai dalam EKG untuk mengidentifikasi kecepatan kerja jantung, sehingga dapat mengetahui apakah jantung itu sehat atau mengalami gangguan. Salah satu penyakit yang bisa dideteksi dengan Q Patologis yakni Miokard Infark. Miokard Infark adalah salah satu penyakit akibat kerusakan pada jantung. Bisa dibilang, Miokard Infark bukan merupakan penyakit namun proses kerusakan jantung. Miokard Infark adalah proses kerusakan yang terjadi pada jantung karena adanya sumbatan aliran darah menuju jantung. Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark yaitu penyumbatan, penyumbatan yang terjadi ini menyebabkan suplay darah menuju jantung berkurang dan bisa menghalangi kerja jantung.
Penyebab Q Patologis
Baca Juga : Penyebab Malaria Quartana

Miokard Infark jika dilihat dari penyebab Q Patologis terdapat banyak faktor yang menyebabkannya, faktor tersebut diantaranya :

1. Berkurangnya oksigen pada jantung
Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark yang pertama yakni berkurangnya oksigen pada jantung. Ini adalah penyebab utama Miokard Infark. Kekurangan oksigen ini dapat dikarenakan oleh tiga faktor utama yakni faktor pembuluh darah, aliran darah, dan darah. Pembuluh darah sangat mempengaruhi masuknya oksigen dalam jantung, semakin sempit pembuluh darah semakin sedikit juga oksigen yang masuk dalam darah. Aliran darah juga sangat berpengaruh, aliran yang kurang lancar akibat tekanan darah dapat juga menghalangi masuknya oksigen ke jantung. Faktor jumlah darah juga sangat mempengaruhi semakin sedikit jumlah darah dalam tubuh semakin sedikit juga oksigen yang masuk dalam jantung.

2. Jantung terlalu bekerja berat
Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark yang kedua yakni jantung terlalu bekerja berat. Kerja berat jantung ini biasanya terjadi jika melakukan aktivitas yang memberatkan, contohnya terlalu banyak aktivitas diluar ruang. Bisa saja beraktivitas diluar ruangan namun daya tahan tubuh tetap di jaga dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan.

3. Faktor biologis
Faktor biologis seperti umur juga sangatlah mempengaruhi kerja jantung. Semakin tua umur seseorang semakin berkurang kerja jantungnya. Orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun mempunyai resiko yang lebih besar dibanding dengan yang masih berumur sekitar 20 tahun.

Penyebab Q Patologis pada Miokard Infark ini adalah proses terjadinya Miokard Infark. Proses terjadinya penyakit ini sebenarnya panjang dan lama, selama proses ada gejala yang menyertainya. Gejala utama dari Miokard Infark yaitu nyeri, nyeri ini terjadi di bagian dada. Rasa nyeri yang dirasakan juga bertahap, mulai dari nyeri biasa sampai nyeri yang sering terjadi dan nyeri itu sangat sakit. Pada fase awal nyeri yang dirasakan masih jarang hanya terjadi setelah melakukan aktivitas yang berat. Pada fase yang lebih tinggi nyeri yang dirasakan akan seringkali dan spontan. Rasa nyeri ini dapat terjadi setiap hari dan bukan hanya setelah beraktivitas berat saja. Agar fase tidak berkembang lebih jauh lagi Anda perlu menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain itu rajin berolah raga juga bisa membuat jantung lebih sehat.