Penyebab Radang Tenggorokan yang Sangat Menyiksa

Merasakan tenggorokan yang sakit bahkan sampai membuat suara Anda menghilang. Hal tersebut tentu akan membuat Anda sangat tersiksa dan akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain. Radang tenggorokan atau faringitis memang membuat tenggorokan menjadi terasa sakit. Rasanya seperti membuat tenggorokan seperti tertusuk-tusuk. Dengan tenggorokan yang sakit juga membuat nafsu makan Anda menjadi menurun. Penurunan nafsu makan juga disebabkan karena Anda akan merasakan sakit ketika menelan makanan. Radang tenggorokan bisa menimpa siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang yang telah berusia lanjut. Penyebab radang tenggorokan harus di ketahui agar Anda bisa menghindarinya. Hal itu akan membuat Anda terhindar dari penyakit radang pada tenggorokan. Jika Anda telah 1 kali mengalami hal tersebut, maka Anda akan mengalaminya kembali.
Baca Juga : Penyebab Rambut Rontok

Adapun berbagai hal yang menyebabkan terjadinya radang pada daerah tenggorokan diantaranya :

Infeksi virus
Penyebab radang tenggorokan karena virus menjadi penyebab paling utama. Bahkan, hampir 80% penyebabnya yaitu infeksi virus. Jika terjadinya radang karena virus, maka Anda akan merasakan demam yang tinggi ketika awal mula peradangan. Rasa demam dengan panas yang tinggi diiringi dengan rasa yang sakit pada tenggorokan. Virus memang hidup di udara bebas dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menjaga kondisi tubuh dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan antibody pada tubuh. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit radang tenggorokan.

Alergi
Alergi pada suatu makanan atau minuman dapat dialami kebanyakan orang. Mungkin termasuk diri Anda sendiri. Alergi akan membuat radang tenggorokan yang bersifat menetap, sehingga jika alergi pada diri Anda tidak diatasi, maka radang pada tenggorokan akan sering terjadi. Keadaan itu bisa diatasi dengan menghilangkan sikap alergi Anda terlebih dulu. Penyebab radang tenggorokan karena alergi menjadi pertanda bahwa Anda baru saja mengkonsumsi makanan atau minuman yang membuat Anda menjadi alergi.

Batuk
Batuk kering adalah pencetus terjadinya peradangan pada tenggorokan. Peradangan bisa terjadi karena ketika mengalami batuk kering, maka didalam tenggorokan tidak terdapat mucus, sehingga membuat permukaan tenggorokan menjadi kering dan terluka. Penyebab radang tenggorokan akibat batuk kering bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat batuk khusus untuk batuk kering sampai betul-betul tuntas. Tujuannya agar radang tenggorokan bisa cepat hilang.

Terinfeksi bakteri streptokokus
Bakteri streptokokus yang bisa menjadi penyebab radang tenggorokan yakni streptokokus aureus. Gejala yang sering tampak pada saat terinfeksi bakteri itu yakni terjadinya ruam berwarna merah pada area tenggorokan. Gejala demam tinggi dan juga nyeri pada tenggorokan juga dirasakan akibat dari bakteri itu. Cara menghindari agar tidak terinfeksi bakteri itu yakni dengan menghindari kontak langsung dengan penderita. Contohnya dengan tidak meminum air dari gelas yang sama.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab radang tenggorokan, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.