Penyebab Virus Herpes Menjangkit Kulit Diklasifikasikan Berdasarkan Jenis

Herpes adalah salah satu penyakit yang menyerang kulit. Penyakit ini sebenarnya tak beresiko dan tidak mengakibatkan kematian. Namun penyakit kulit ini sangat mengganggu baik penampilan maupun kenyamanan pada tubuh. Penyebab utama herpes yaitu virus varicella yang berkembang biak di kulit. Penyebab virus herpes yang menjangkit pada kulit di petakan menjadi dua. Keduanya menyerang sisi kulit yang berbeda dan penyebab virusnya juga tidak sama. Cara penularan dari kedua jenis herpes ini dapat berbeda. Berikut akan diterangkan secara detail apa virus yang menyebabkan, bagaimana cara penularannya dan gejalanya.

Penyebab Virus Herpes
Baca Juga : Penyebab Vitiligo

1. Herpes Genetalis
Sesuai dengan namanya genetalis, penyakit herpes ini menjangkit kulit bagian tubuh yang sangat peka dan vital yakni kulit di bagian kemaluan atau alat vital. Penyebab virus herpes genetalis ini yaitu virus herpes simplek. Virus ini menyerang bagian kemaluan dan area sekitar kemaluan. Selai menyerang daerah kemaluan virus ini juga menyerang di bagian kulit tubuh yang lembab. Selain lantaran virus, herpes genetalis ini dapat karena sebab ada peradangan yang terjadi pada kulit di sekitar kemaluan. Gejala yang muncul yakni timbulnya ruam merah dan merasa gatal pada area kemaluan. Penularan virus ini dikarenakan pola hidup seks bebas dan kerap bertukar pasangan.

2. Herpes Zortes
Jenis penyakit kulit herpes yang selanjutnya yakni herpes zortes. Herpes zortes ini berbeda dengan herpes genetalis. Penyebab virus herpes zortes yaitu cericella zoster. Berbeda dengan yang sebelumnya penyakit herpes zortes ini tidak menyerang area kemaluan dan kulit lembab tapi menyerang kulit yang terbuka. Contohnya di bagian punggung, dada, tangan serta organ terbuka lainnya. Virus ini menyebar lantaran kontak fisik secara langsung dengan penderita. Herpes zortes dapat juga menular karena berciuman, terkena langsung kulit yang terserang herpes, keringat, dan kontak langsung lainnya. Gejala pada herpes ini dapat sama dengan herpes genetalis yakni terlihat ruam atau bintik merah yang gatal di bagian tubuh yang terbuka.

Penyebab virus herpes menyebar dengan cepat ke semua tubuh nyatanya akibat dari rutinitas kita sendiri. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan kulit khususnya di bagian kulit yang sensitif adalah hal yang wajib. Mungkin tak berbahaya dan tidak mengakibatkan kematian namun bila tidak diobati virus herpes bisa menyebar ke semua tubuh dan menjadikan kulit merah serta tidak bagus untuk dilihat. Segera obati bila tanda atau gejala herpes mulai nampak.

Menyembuhkan penyebab virus herpes yang telah menyebar pada tubuh dapat dikerjakan dengan beragam cara. Cara yang paling ampuh yakni dengan janganlah kerap menggaruknya. Bila kerap digaruk, jadi akan cepat menyebar pada semua tubuh. Bila herpes telah menyebar pada tubuh baiknya selekasnya periksakan pada dokter. Yang lebih gampang yaitu menghindar supaya herpes tak kembali datang dapat dihindari lewat cara hidup sehat serta senantiasa melindungi kebersihan kulit.



Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab virus herpes, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.