Tipe, Ciri-ciri, dan Penyebab Penyakit Herpes Zoster

Penyakit herpes zoster merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa menyerang siapapun tidak mengenal usia. Penyakit herpes zoster ini pada dasarnya mempunyai beberapa jenis tergantung dari letak infeksi virus itu terjadi. Selain itu, penyakit herpes ini bisa menyerang seseorang lebih dari satu kali. Menurut para dokter penyakit ini sedikit serupa dengan cacar air namun hanya kelihatan bergerombol dan membentuk alur seperti ular sepanjang syaraf yang terkena infeksi virus. Namun, untuk penyakit herpes zoster tidak akan menimbulkan komplikasi atau penyakit lanjut karena herpes tipe ini termasuk penyakit herpes yang termasuk ringan. Sedangkan untuk penyebab penyakit herpes zoster ini pada dasarnya merupakan suatu infeksi akibat virus.

Penyebab Penyakit Herpes Zoster
Baca Juga : Penyebab Panu
Penyebab Herpes Zoster
Penyebab penyakit herpes Zoster yang merupakan suatu lepuhan kulit yang diakibatkan oleh aktifnya kembali virus Varisela-zoster yang sudah ada di dalam tubuh. Virus ini merupakan jenis virus yang sama dengan virus penyebab penyakit cacar air. Sehingga untuk Anda yang pernah mengalami cacar air kemungkinan besar Anda bisa juga terserang penyakit herpes zoster ini. Jenis herpes ini berbeda dari jenis herpes genital yang menyerang kemaluan atau herpes simplex yang menyerang di bagian bibir atau mulut. Jenis herpes ini bisa menyerang seluruh bagian tubuh namun hanya pada satu sisi saja.

Virus penyebab herpes ini bisa timbul atau muncul lagi jika terangsang atau di pengaruhi oleh beberapa faktor contohnya kondisi tubuh yg tidak stabil, sistem imun yang lemah misalnya pada penderita HIV atau anemia, dan juga beberapa faktor lainnya. Virus penyebab penyakit herpes biasanya masih bersarang pada akar syaraf yang kemudian bisa muncul lagi dan berkembang biak pada kulit dan selanjutnya akan mengakibatkan penyakit herpes zoster ini. Di antara kesemua jenis penyakit herpes, herpes zoster adalah yang teringan dan tidak bisa menyebabkan komplikasi serius.

Ciri-Ciri Herpes Zoster
Pada awal akan munculnya, penderita penyakit herpes akan merasakan demam, pilek, merasa tidak bertenaga, letih dan juga lemah sama dengan gejala yang disebabkan oleh virus lainnya. Kemudian beberapa hari maka nampaklah lenting atau bintik kemerahan pada satu bagian tubuh. Lama kelamaan bintik ini akan berubah menjadi suatu gelembung–gelembung kecil yang berisi air sama persis dengan gelembung ketika Anda terkena cacar air namun pada herpes zoster hanya tampak berkelompok. Karena penyebab penyakit herpes zoster yaitu virus sehingga ada beberapa gejala yang sangat umum Anda rasakan seperti pusing dan juga demam.

Setelah beberapa hari virus penyebab penyakit herpes akan mulai berkembang biak dan menyerang syaraf yang terinfeksi. Namun biasanya herpes jenis ini hanya menyerang pada satu daerah tubuh saja dan tidak menyebar. Daerah yang rawan terinfeksi yaitu syaraf dada, mata, wajah, perut, dan juga para kaki, atau pantat. Daerah di sekitar lepuhan biasanya akan mulai membengkak sebagai dampak dari infeksi virus herpes. Penyakit ini bisa sembuh walau tanpa pengobatan dalam waktu lebih kurang 2 minggu. Namun Anda juga dapat melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa segera sembuh dari herpes zoster ini. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab penyakit herpes, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.