Waspadai 4 Penyebab Jantung Koroner Mulai Sekarang!

Penyebab jantung koroner perlu Anda ketahui sejak dini karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat penderitanya mudah merenggang nyawa. Jantung koroner ini dapat menyerang pada pria dan wanita sehingga Anda harus benar-benar mewaspadainya. Biasanya, gejala awal yang akan dirasakan oleh penderita jantung koroner adalah sesak napas yang terlalu sering dan jantung terus-terusan berdebar-debar. Lalu, jika Anda tidak segera mengecek keadaan jantung Anda, maka Anda bisa saja merasakan mati rasa pada daerah dada sebelah kiri. Lantas, sebenarnya apakah penyebab dari penyakit yang mematikan ini?
Baca Juga : Penyebab Jantung Berdebar

Untuk lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini:

Merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab jantung koroner. Mungkin, dampak merokok tidak langsung dapat Anda rasakan, namun merokok terbukti bisa membahayakan kesehatan organ-organ penting dalam tubuh. Bukankah dibungkus rokok juga sudah tertulis bahwa rokok dapat membunuh para penghisapnya? Namun, kebanyakan orang tak menghiraukan peringatan tersebut dan tetap asik menikmati rokok. Ya, kandungan nikotin dalam rokoklah yang membuat gangguan pada jantung. Nikotin akan membuat kerja jantung semakin keras dan pembuluh arteri pun akan kesulitan mengalirkan darah.

Minuman beralkohol
Penyebab jantung koroner yang kedua yaitu miras atau minuman keras. Bahaya minuman keras ini hampir sama dengan bahaya rokok. Mungkin, Anda tidak dapat langsung merasakan dampak minuman keras setelah Anda meminumnya. Tapi, dampak tersebut akan Anda rasakan di masa yang akan datang. Salah satu dampak sering mengkonsumsi alcohol yaitu membuat kerja jantung menjadi lebih keras. Bahkan, jika Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan buruk Anda tersebut, jantung Anda akan mengalami kerusakan dan jangan salahkan jika Anda cepat meninggalkan dunia fana ini.

Obesitas
Penyebab jantung koroner selanjutnya yaitu obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang mempunyai berat badan berlebihan sangat rawan akan resiko jantung koroner. Mengapa? Ya, karena lemak-lemak pada tubuhnya tidak dapat di metabolisme secara sempurna oleh tubuh. Lemak-lemak tersebut juga dapat menyumbat pembuluh darah sehingga arteri pun tak bisa lancar mengalirkan darah ke jantung atau ke seluruh tubuh. Jika Anda mempunyai berat badan berlebihan, sebaiknya Anda betul-betul harus menjaga jantung Anda sebelum koroner membunuh Anda.

Tekanan Darah Tinggi
Penyakit jantung koroner dapat disebabkan karena tingginya tekanan darah Anda. Jika tekanan darah tinggi, maka mau tak mau jantung harus kerja ekstra keras. Namun, jika hal tersebut berlangsung secara terus-menerus, tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan gangguan pada jantung Anda karena pembuluh jantung bisa melebar dan ditakutkan bisa jebol karena tak kuat menahan tekanan dari darah itu. Oleh sebab itu, bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, berhati-hatilah akan bahaya penyakit jantung koroner yang dapat mengancam Anda sewaktu-waktu. Semoga informasi tentang penyebab jantung koroner diatas bermanfaat untuk para pembaca.