Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Bagian kaki yang sering mengalami bengkak yakni jempol kaki, telapak kaki, pergelangan kaki, betis dan juga paha. Penyebab kaki bengkak karena retensi cairan (penumpukan cairan) bahkan dari peradangan suatu jaringan sendi yang sakit atau terluka. Penyebabnya seperti kaki cedera, duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama hal itu yang paling mudah diidentifikasi. Namun terdapat banyak kemungkinan dari kaki bengkak yang disebabkan oleh penyakit yang serius didalam tubuh. Penyakit serius yang bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak seperti penyakit jantung atau penyakit diabetes. Apabila Anda mengalami kaki bengkak, sebaiknya untuk segera memeriksakan ke dokter supaya mengetahui penyebab dari kaki bengkak tersebut .
Baca Juga : Penyebab Kehamilan Anak Kembar

Penumpukan Cairan
Penyebab Kaki Bengkak yang pertama disebabkan oleh penumpukan cairan yakni seseorang menderita penyakit gagal ginjal akut, bekas luka pada hati (sirosis), penyakit ginjal kronis, gagal jantung, terapi hormon, mengalami penyumbatan pada saluran getah bening (Lymphedema), terjadinya kerusakan pada pembuluh darah kecil didalam penyaringan ginjal, saat hamil, berdiri cukup lama dan sebagainya.

Peradangan pada jaringan kaki
Penyebab kaki bengkak yang disebabkan peradangan pada jaringan kaki. Peradangan itu terjadi karena merespon pada satu penyakit yang dialami atau cedera, gangguan inflamasi atau rheumatoid arthritis. Penyebab itu yang membuat Anda akan mengalami pembengkakan pada bagian kaki. Hal itu dapat terjadi karena robeknya ligamen anterior pada lutut, patah di bagian pergelangan kaki, kelebihan asam urat, luka atau infeksi di bagian kaki, radang kantung yang berisi cairan pada sendi kaki (lutut bursitis), penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan sendi (Osteoarthritis) atau terjadinya gangguan yang lain.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak
Penyebab kaki bengkak memang harus di ketahui dengan segera, agar dapat segera ditangani. Pembengkakan pada kaki bisa terjadi karena berbagai macam hal seperti yang disebutkan diatas. Namun hal tersebut perlu Anda konsultasikan kepada dokter yang ahli. Jika sudah di ketahui penyebab yang pasti, maka dokter akan memberikan obat khusus yang bisa menyembuhkan pembengkakan pada kaki Anda. Sedangkan untuk perawatan, Anda bisa melakukannya sendiri dirumah dengan cara berikut ini :
  • Letakkanlah bantal di bagian bawah kaki saat Anda berbaring. Hal itu untuk mengurangi pembengkakan yang disebabkan dengan penumpukan cairan.
  • Jangan berhenti mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Jika tidak ada perubahan dalam waktu lama, maka Anda perlu berkonsultasi lagi.
  • Ketika Anda mau berdiri dari posisi duduk dalam waktu lama, sebaiknya berikan jeda waktu untuk istirahat lebih dahulu baru Anda mulai berjalan.
  • Jika pembengkakan pada kaki tersebut terasa nyeri, maka Anda bisa meminta obat untuk mengurangi rasa nyeri pada dokter.
Demikian penyebab kaki bengkak dan cara mengatasinya, jika kaki bengkak Anda tidak kunjung sembuh segera periksakan pada dokter yang ahli mengenai penyakit tersebut.