Penyebab Obesitas dan Resikonya

Penyebab obesitas merupakan beberapa unsur yang mengakibatkan seseorang mengalami berat badan berlebihan atau obesitas. Obesitas bisa juga di artikan jika berat badan tubuh seseorang yang melebihi batas normal. Biasanya, obesitas ini ditandai dengan jumlah lemak pada tubuh yang berlebihan. Obesitas dapat diukur dengan menggunakan indeks berat badan. Secara simpel hitungan tersebut yakni berat badan melebihi batas normal hingga 20% dalam hitungan standar kita di Indonesia. Jika kondisi berat badan telah berlebihan maka hal tersebut juga bisa mengandung resiko besar.
Baca Juga : Penyebab Nyeri Ulu Hati
Penyebab Obesitas
Obesitas sering disebabkan adanya kandungan kalori yang terlalu tinggi. Sumber kalori itu dapat didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Kemudian, kalori itu tidak seluruhnya bisa dibakar oleh tubuh kita, sehingga mengakibatkan timbunan lemak. Jika kita sering ngemil atau makan dengan porsi banyak, maka hal itu akan menghasilkan kalori tinggi. Tetapi hasil dari kalori tinggi tersebut tidak disertai dengan aktifitas yang mampu membakar kalori seperti olahraga. Penyebab obesitas dapat diawali dari pola dan kebiasaan tersebut . Maka untuk dapat mengurangi kemungkinan obesitas adalah dengan makan yang teratur dan berolahraga.

Selain dar faktor pola hidup sehat di atas, obesitas bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

Keturunan
Terkadang kita menjumpai di satu keluarga ada yang memiliki anggota keluarga yang mengalami berat badan berlebih. Biasanya ini juga bisa ditemukan pada saudaranya di keluarga tersebut . Penyebab obesitas banyak di pengaruhi oleh faktor keturunan. Kecenderungan terjadinya obesitas akibat faktor genetik tersebut didominasi oleh sang ibu. Jika seseorang memiliki ibu yang obesitas, keturunannya kemungkinan akan mengalami obesitas juga.

Usia
Usia menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas. Secara teori dapat digambarkan bahwa semakin tua usia seseorang, semakin sedikit pula kekuatan untuk melakukan berbagai aktifitas. Pola makan yang tidak memperhatikan segi nutrisi seimbang menjadi penyebab terjadinya obesitas. Di usia senja seseorang seringkali berdiam diri dirumah dan mengurangi aktifitas. Padahal, ini menjadi penyebab obesitas dan resiko darah tinggi di usia senja.

Resiko menderita obesitas
Kegemukan atau obesitas pasti mempunyai resiko yang mengancam kesehatan tubuh kita. Obesitas dapat beresiko mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Resiko yang paling dominan yaitu darah tinggi. Jika seseorang yang obesitas tidak segera melakukan diet sehat, maka tekanan darah dalam tubuh akan tinggi. Penyebab obesitas secara tidak langsung juga menjadi penyebab penyakit ada tubuh kita. Seperti kolesterol tinggi dan jantung. Hal tersebut menjadi rangkaian yang saling berukuran menjadi sebuah penyakit komplikasi yang berakhir stroke dan jantung.

Dengan demikian, kita harus segera menjalani diet sehat untuk mengurangi berat badan. Bukan dengan menggunakan diet yang tidak sehat tanpa memperdulikan kebutuhan nutrisi tubuh. Jika penyebab obesitas dapat ditanggulangi dengan cara sehat, pasti tubuh Anda akan semakin sehat.