Penyebab Radang Selaput Otak yang dapat Mengakibatkan Kematian

Radang selaput otak atau dalam istilah kedokteran disebut dengan meningitis merupakan penyakit yang terjadi karena adanya peradangan di bagian membran yang menyelubungi bagian otak dan juga sumsum tulang belakang. Otak dan sumsum tulang belakang pada hakikatnya merupakan organ yang sangat penting di tubuh kita. Otak dan sumsum tulang belakang berfungsi mengatur semua aktifitas yang dilakukan oleh tubuh. Gejala yang biasanya terjadi pada penderita radang selaput otak yakni merasakan sakit di bagian kepala, leher terasa kaku, demam tinggi serta kebingungan atau perubahan kesadaran. Radang selaput otak atau meningitis bisa terjadi pada siapapun dan tidak kenal usia. Sehingga Anda harus selalu waspada dan juga selalu menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang fit. Hal yang perlu dilakukan yakni dengan menjaga tubuh dari penyebab radang selaput otak.

Penyebab Radang Selaput Otak
Baca Juga : Penyebab Radang Tenggorokan

Beberapa penyebab peradangan pada selaput otak, diantaranya :

Virus
Virus dapat membuat peradangan pada selaput otak. Infeksi virus terjadi karena virus bisa menembus membrane sel. Sehingga virus bisa menginfeksi inangnya dalam waktu yang singkat. Salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan penyakit tersebut yaitu Haemophilus influenza. Virus tersebut merupakan penyebab infeksi pada sistem pernapasan khususnya bagian telinga dalam, dan sinus. Penyebab radang selaput otak karena virus sangat berbahaya dan bisa menular. Kematian dapat menjumpai Anda jika mengalami hal tersebut .

Bakteri
Selain virus, bakteri juga merupakan penyebab terjadinya peradangan pada selaput otak. Beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit itu yaitu Streptococcus pneumoniae (pneumococcus). Bakteri itu bisa mengakibatkan radang selaput otak pada bayi dan anak-anak. Neisseria meningitidis adalah penyebab radang selaput otak dengan cara masuk melalui sistem pernapasan dan selanjutnya bakteri tersebut akan masuk ke sistem peredaran darah dan pada akhirnya akan masuk ke selaput otak. Listeria monocytogenes adalah jenis bakteri yang mengakibatkan radang selaput otak. Bakteri tersebut banyak ditemukan didalam makanan yang telah terkontaminasi bakteri tersebut . Namun, pada dasarnya bakteri tersebut terdapat pada hewan peliharaan.

Obat Kimia tertentu
Beberapa macam obat kimiawi bisa menjadi penyebab radang selaput otak, sehingga Anda perlu waspada dalam mengkonsumsi obat-obatan. Jangan sampai obat yang Anda konsumsi justru membawa Anda untuk merasakan penyakit radang selaput otak. Konsultasikan dengan dokter tentang obat apa saja yang akan Anda konsumsi.

Semua penyebab radang selaput otak itu bisa menjadi suatu hal yang perlu dicegah. Yang paling terpenting yakni selalu menjaga kebersihan tubuh agar bakteri dan virus tidak datang menghampiri tubuh Anda. Semoga informasi diatas bisa berguna untuk Anda beserta keluarga. Selalu hidup sehat untuk terhindar dari berbagai macam bibit penyakit.