Penyebab Virus Singapura Mudah Menyebar

Flu Singapura atau yang umum di kenal dengan penyakit PKTM atau penyakit kaki tangan dan mulut, atau dalam bhs asingnya HFMD (Hand, Foot, and Mouth Diases). Penyakit ini adalah penyakit menular yang berbahaya untuk anak-anak terlebih balita. Virus flu Singapura sangatlah gampang menyerang anak dibawah umur 5 tahun lantaran sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat lemah. Kasus flu Singapura dapat juga terjadi pada anak umur sekitar 10 tahun. Virus ini tak menyerang orang dewasa lantaran sistem kekebalan tubuh orang dewasa lebih kuat.

Penyebab Virus Singapura Mudah Menyebar
Baca Juga : Penyebab Virus Herpes

Penyebab virus Singapura yaitu virus. Penyebarannya memang amat cepat, hal tersebut karena oleh beberapa faktor, diantaranya :

1. Musim
Penyebab virus Singapura gampang untuk menyebar yang pertama yaitu musim. Ketika musim-musim tertentu virus flu Singapura sangatlah gampang menyebar. Penyebaran virus flu Singapura yaitu saat musim panas. Pada musim panas udara kering dan gersang, hal semacam ini mengakibatkan banyak debu serta membuat virus beragam penyakit gampang untuk menyebar.

2. Dapat Menular tanpa perantara
Virus flu Singapura dapat menyebar tidak ada perantara, hal inilah yang membuat virus ini gampang untuk menyebar dan menular. Bila salah satu anggota keluarga telah terserang virus ini, dapat di pastikan tidak lama setalah itu anak yang lainnya akan terserang. Virus ini dapat langsung menyebar dari bersin, kotoran, serta air liur.

3. Tak ada faktor perantara dalam penularan
Penyebab virus Singapura gampang untuk menyebar yakni lantaran virus menular tanpa ada perantara, virus langsung menulari anak yang melakukan kontak langsung dengan anak yang menderita flu Singapura. Tidak seperti kebanyakan virus yang menyebar lantaran perantara hewan, virus ini dapat menyebar sendiri tanpa ada perantara.

4. Virus gampang menyebar kurun waktu yang singkat
Penyebab virus Singapura gampang untuk menyebar salah satunya yakni lantaran virus ini sangat gampang untuk menyebar dalam waktu yang singkat. Cuma dalam hitungan jam saja anak yang menderita flu Singapura bisa menulari rekan lainnya. Oleh sebab itu, penyebaran virus ini amat cepat serta gampang di kelompok sekolah.

Penyebab virus Singapura menyebar amat cepat tentunya juga di pengaruhi oleh orangtua yang tidak memerhatikan kesehatan anaknya. Anak yang terjangkit flu Singapura seharusnya langsung ditangani dan tidak bisa keluar rumah supaya tidak menulari teman-teman maupun saudaranya yang lain. Orangtua bisa mengetahui gejala yang muncul agar dapat mengantisipasi penyebaran virus secara meluas. Berikut adalah gejala dari flu Singapura :

1. Demam tinggi
Gejala awal flu Singapura ini yakni demam tinggi. Demam terjadi sesudah beberapa jam sesudah anak terserang virus ini. Namun dapat hingga tiga atau dua hari sesudah terserang virus.

2. Nyeri
Anak akan rewel lantaran merasakan nyeri pada tenggorokannya. Untuk bayi biasanya tidak ingin menyusu maupun makan.

3. Terlihat bintik merah
Gejala yang paling menonjol yaitu timbulnya bintik merah di bagian mulut, tangan, serta kaki anak. Bila telah muncul bintik merah segera rujuk ke rumah sakit terdekat.



Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab virus singapura, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.